loader image

Kilas Balik TAPAK 2019

KILAS BALIK TAPAK 2019

Temu Aksi Penyuluh Antikorupsi (TAPAK) 2019 diselenggarakan di Gedung Anti-Corruption Learning Centre (ACLC) pada 11 – 13 Desember 2019. Kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2019. Sebanyak kurang lebih 100 perwakilan penyuluh antikorupsi mengikuti kegiatan ini. Mulai dari Kalimantan Utara, Jawa Tengah, hingga Jawa Barat.

Hari Pertama (11 Desember 2019)

Pada hari pertama, para peserta berbagi pengalaman dan kisah sukses mereka di daerah mading-masing ketika memberikan penyuluhan. Melalui berbagi ide dan pengalaman, kegiatan ini diharapkan semakin mempererat ikatan serta dukungan di antara “Master Penyuluh”, sapaan yang disematkan bagi Penyuluh Antikorupsi.

Pembukaan

Talkshow Berbagi dan Berkolaborasi

Sesi Berbagi Aksi "Best Practice Menyuluh Antikorupsi" - 1

Sesi Berbagi Aksi "Best Practice Menyuluh Antikorupsi" - 2

Hari Kedua (12 Desember 2019)

Di hari kedua, peserta diberikan pembelajaran mengenai medium edukasi. Ada kelas boardgame, ada kelas dogeng, dan ada kelas film. Di tiap kelas, peserta diberikan tentang strategi edukasi lewat medium-medium tersebut. Sebab, penyuluhan tidak perlu dengan teknik menggurui namun lewat cara-cara yang menarik dan menyenangkan seperti permainan, dongeng, maupun film.

Mini Workshop Sesi 1:

Berbagi Aksi Melalui Media Audio Visual: Video Content for Social Media

Berbagi Aksi dengan Menulis: Easy Writing Teknik Menulis Ringan

Berbagi Aksi Melalui Media Visual: Crafting an Effective Content

Mini Workshop Sesi 2:

Menyuluh dengan Boardgame

Menyuluh dengan Storytelling

Menyuluh dengan Media Film

Hari Ketiga (13 Desember 2019)

Di hari terakhir, para peserta akan berkolaborasi dengan tim KPK dalam menyusun Panduan dan Rencana Aksi Menyuluh Antikorupsi, agar bisa bersinergi dengan program mendatang. Diharapkan, program yang disusun bisa tepat sasaran dan berdaya guna.

Sesi Berbagi Program Pencegahan Korupsi

Sesi Penyusunan Rencana Aksi dan Penutupan

GALERI TAPAK 2019