loader image

Rangkaian Acara Tapak 2020

Rangkaian Acara TAPAK 2020

Hari 1 : Apresiasi dan Tantangan

Launching bersama sebagai apresiasi atas karya-karya penyuluh antikorupsi dilanjutkan dengan diskusi terkait tantangan di bidang pencegahan korupsi.

Hari 2 : Penguatan Kompetensi

Rangkaian kelas peningkatan kompetensi penyuluh antikorupsi berupa workshop dan seminar dengan para pakar di bidangnya sebagai narasumber.

Hari 3 : Rencana Aksi 2021

Diskusi dan berbagi ide untuk merumuskan strategi dan rencana aksi penyuluhan antikorupsi yang efektif, menarik, dan berdampak serta metode pengukurannya.

Hari 1: 15 Desember 2020

TAPAK 2020 diawali dengan pembukaan dengan pengantar dari Koordinator ACLC (Dian Novianthi) dan sambutan Pimpinan KPK (Lili Pintauli Siregar), peluncuran buku Praktik Baik Menyuluh Antikorupsi, karya-karya penyuluh antikorupsi lainnya, dan Pameran Virtual Aksi Penyuluh, dilanjutkan dengan Dialog bersama Pimpinan KPK. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan Bedah Buku Praktik Baik Menyuluh Antikorupsi serta Webinar: Sharing dan Diskusi Program Pencegahan Korupsi KPK

Seluruh rangkaian Acara Hari Pertama TAPAK 2020 dapat disaksikan melalui Kanal Youtube ACLC KPK.

Pembukaan TAPAK 2020 dan Peluncuran Karya Penyuluh Antikorupsi

Pembukaan TAPAK 2020 dan Peluncuran Karya Penyuluh Antikorupsi

Pimpinan KPK, Lili Pintauli Siregar, membuka rangkaian kegiatan TAPAK 2020 dengan memberikan motivasi kepada para penyuluh berupa Vitaman K4: Komitmen, Kreatif, Kolaborasi, dan Konsisten. Selain pembukaan, Pipinan KPK juga meluncurkan Buku Praktik Baik Menyuluh Antikorupsi dan Karya-Karya Penyuluh Antikorupsi Lainnya yang dapat disaksikan pada Menu Pameran TAPAK 2020.

Diskusi Bersama Pimpinan KPK dan Bedah Buku Praktik Baik Menyuluh Antikorupsi

Diskusi Bersama Pimpinan KPK dan Bedah Buku Praktik Baik Menyuluh Antikorupsi

Para Penyuluh Antikorupsi mendapatkan kesempatan untuk berdialog langsung dengan Pimpinan KPK terkait tantangan yang dihadapi dalam melakukan penyuluhan. Dilanjutkan dengan bedah buku yang berisi kisah-kisah inspiratif para Penyuluh Antikorupsi dalam Bedah Buku Praktik Baik Menyuluh Antikorupsi. Sangat menarik mengikuti kisah-kisah inspiratif para Penyuluh Antikorupsi dalam Bedah Buku Praktik Baik Menyuluh Antikorupsi. Ada banyak kisah yang selama ini tak terungkap. Ada duka dan tantangan yang justru membuat para penyuluh semakin kuat dan terasah. Ada 42 orang penyuluh antikorupsi yang telah menuliskan kisahnya.

Sharing dan Diskusi Program Pencegahan Korupsi

Sharing dan Diskusi Program Pencegahan Korupsi

Kolaborasi adalah kunci. Kolaborasi adalah keharusan. Semangat inilah yang mendorong acara webinar Sharing Program Pencegahan Korupsi yang dimiliki KPK. Para Penyuluh Antikorupsi antusias menyimak paparan dari Direktorat Pendidikan dan Pelayanan Masyarakat, Stranas PK, serta Unit Kerja Koordinasi dan Supervisi Pencegahan (Korsupgah).

Hari 2: 16 Desember 2020

Pada hari kedua ini, para master diundang KPK untuk mengikuti acara Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia 2020 dimana Penyuluh Antikorupsi juga diberikan penghargaan atas aksi dan partisipasi dalam upaya pemberantasan korupsi.

Setelah itu, dilaksanakan rangkaian kegiatan peningkatan kompetensi penyuluh antikorupsi berupa workshop dan seminar dengan para pakar di bidangnya sebagai narasumber. Terdapat empat  workshop dengan topik menarik antara lain:

  • Corruption Risk Assesment (Penilaian Resiko Korupsi)
  • State Capture Corruption (Korupsi Kebijakan)
  •  How To Be An Impactful Content Creator for Anti-corruption (Menjadi Penyuluh Antikorupsi Digital)
  •  Anti-corruption Poetry Reading (Membaca Puisi Antikorupsi)
Workshop Corruption Risk Assessment (CRA)
  • 13:00-17:00
  • Pauline Arifin
  • Kelas 1

Workshop Corruption Risk Assessment (CRA)

Workshop CRA memberikan pengetahuan mendalam kepada peserta melalui materi dan praktik tentang bagaimana identifikasi dan penanganan risiko dapat dilakukan serta memandu peserta untuk menyusun rencan aksi sesuai kelompok sasaran.

Workshop How To Be An Impactful Content Creator
  • 13:00-17:00
  • Cameo Project
  • Kelas 2

Workshop How To Be An Impactful Content Creator

Pada workshop ini, peserta dibekali dengan keterampilan cara membuat konten yang inovatif dan penyampaian yang menarik melalui berbagai media digital. Narasumbernya adalah Martin Anugrah (Cameo Project) seorang Content Creator yang mendapatkan penghargaan Youtube Creators for Change 2018.

Workshop Baca Puisi Antikorupsi
  • 13:00-17:00
  • Sosiawan Leak
  • Kelas 3

Workshop Baca Puisi Antikorupsi

Setiap Penyuluh Antikorupsi adalah Seniman. Tidak percaya? Melalui workshop Baca Puisi Antikorupsi, peserta dibimbing langsung oleh Sosiawan Leak (Sastrawan yang aktif di Gerakan Puisi Melwan Korupsi) untuk bisa menjadi Seniman Antikorupsi.

Seminar Memahami State Capture Corruption

Seminar Memahami State Capture Corruption

Ada kata bijak "Tanpa anti korupsi tidak akan ada negara yang maju" dan saat ini telah muncul generasi baru koruptor, tidak lagi menggunakan cara-cara konvensional dalam melakukan korupsi tapi salah satu modus baru adalah menggerakkan instrumen kekuasaan untuk memperoleh keuntungan, modus ini dinamai state capture corruption Pembahasan mengenai State Capture Corruption ini menghadirkan Rimawan Pradiptyo, S.E., M.Sc., Ph.D. (Ekonom UGM) dan Gandjar Laksmana Bonaprapta, S.H., M.H. (Pakar Hukum Pidana Universitas Indonesia).

Hari 3: 17 Desember 2020

Hari terakhir ini merupakan momentum konsolidasi sekaligus diskusi dan berbagi ide merumuskan strategi dan rencana aksi penyuluhan antikorupsi yang efektif, menarik, dan berdampak. Diawali dengan diseminasi panduan menyuluh antikorupsi untuk berbagai kelompok sasaran. Kemudian dilanjutkan dengan Webinar untuk menelisik peran penyuluh antikorupsi dalam meningkatkan perilaku antikorupsi masyarakat dan integritas organisasi. Dan diakhiri dengan peluncuran AKSESKU 2.0 serta unjuk seni dan kreativitas para penyuluh antikorupsi di akhir acara. Acara ini juga akan disiarkan langsung melalui Kanal Youtube ACLC KPK.

Diseminasi Panduan Menyuluh Antikorupsi

Diseminasi Panduan Menyuluh Antikorupsi

Bagaimana agar penyuluhan yang kita lakukan efektif, menarik, dan berdampak terhadap pemberantasan korupsi? Sesi ini akan menampilkan perwakilan para penyuluh antikorupsi yang sudah menyusun Panduan Menyuluh Antikorupsi untuk berbagai kelompok sesaran di lingkup Kementerian/Lembaga, Pemerintah daerah, Perguruan Tinggi, Sekolah, dan Masyarakat. Diperkuat juga dengan pengantar yang disampaikan oleh narasumber Direktorat Penelitian dan Pengembangan KPK serta pemaparan hasil workshop Corruption Risk Assessment pada setiap kelompok sasaran.

Webinar Pengukuran Program Pencegahan Korupsi

Webinar Pengukuran Program Pencegahan Korupsi

Dalam sesi ini, akan dikupas peran penyuluh antikorupsi dalam meningkatkan perilaku antikorupsi masyarakat dan integritas organisasi. Akan hadir narasumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) untuk melanjutkan pemaparan narasumber dari Direktorat Penelitian dan Pengembangan (Litbang KPK) pada sesi awal, yang akan menyampaikan informasi mengenai Indeks Perilaku Antikorupsi (IPAK) dan Survei Penilaian Integritas (SPI). Dapatkah Penyuluh Antikorupsi berperan dalam meningkatkan skor IPAK dan SPI?

Peluncuran AKSESKU 2.0 dan Unjuk Seni Penyuluh Antikorupsi

Peluncuran AKSESKU 2.0 dan Unjuk Seni Penyuluh Antikorupsi

Untuk menutup rangkaian acara TAPAK 2020, Aplikasi Sertifikasi Antikorupsi atau AKSESKU Interaksi diluncurkan. Aplikasi logbook penyuluh versi terbaru ini diharapkan akan memudahkan penyuluh antikorupsi dalam melaporkan dan mendokumentasikan kegiatan penyuluhan yang dilaksanakan. Semudah update status di facebook, seperti tagline-nya. Sebagai rangkaian penutup acara TAPAK 2020 juga diberikan apresiasi kepada para penyuluh maupun forum penyuluh antikorupsi serta penguatan dan motivasi dari Dewan Pembina LSP KPK.