loader image

Workshop CRA

Workshop Corruption Risk Assessment (CRA)

Corruption Risk Assessment (CRA) merupakan proses identifikasi potensi kerawanan dan risiko korupsi secara spesifik dalam sebuah sistem. Hasil CRA bermanfaat dalam penyusunan rencana strategis antikorupsi dalam organisasi.

Pada workshop ini, peserta diberikan pengetahuan mendalam untuk kemudian dibimbing agar dapat mempraktikkan dan membuat rencana aksi terkait CRA.

Workshop CRA diawali dengan kegiatan Pra Workshop yang dilaksanakan pada tanggal 3 dan 4 Desember 2020. Hasil yang diperoleh dari kegiatan Pra Workshop diperdalam pada sesi Workshop pada tanggal 16 Desember 2020.

Setelah pada Pra Workshop peserta diberikan materi pengantar dan tugas penyusunan CRA sesuai kelompok sasaran masing-masing, kegiatan Workshop CRA diawali dengan penyampaian reviu peserta atas pengalaman penyusunan CRA, dilanjutkan dengan reviu dari Narasumber atas tugas yang telah disampaikan oleh peserta dan diperdalam dengan pembahasan pada diskusi sesuai masing-masing kelompok sasaran, yaitu Kementerian-Lembaga dan Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi dan Sekolah serta Masyarakat.

Korupsi adalah kejahatan extraordinary dan komprehensif, sehingga mau tidak mau kita didorong untuk berpikir komprehensif yang mana tidak cukup hanya dengan dinasehati. Maka dari itu, kita sangat perlu untuk mendalami materi CRA.

“Memang, tak ada Sistem secanggih apapun dapat menjamin Seseorang tidak  melakukan korupsi. Agama, Kitab yang diyakininya pun tak membuat seseorang takut melakukan kejahatan korupsi. Namun, bila ikhtiar bangun budaya antikorupsi, sistem dibangun sedemikian rupa secara sistematid masih ada ruang korupsi, apalagi bila sistem dibangun setengah hati.” – Pauline Arifin

Pra Workshop CRA tanggal 3 Desember 2020
Pra Workshop CRA tanggal 4 Desember 2020
Workshop CRA tanggal 17 Desember 2020